Selasa, 16 Juli 2013

Tips Sehat Berpuasa Di Bulan Ramadhan

Puasa Ramadhan
Berpuasa dengan hati bersih, perlu diperhatikan pula menu sehat agar tubuh tetap bugar selama berpuasa.

Puasa bagi umat Islam merupakan ibadah untuk menahan diri dari makan dan minum, serta menahan segala sesatu yang membatalkan puasa.

Bagaimana agar berpuasa tetap sehatan ? perbanyak asupan sayur dan buah, saat berbuka puasa dan sahur. Berpuasa dengan menahan diri tidak makan dan minum selama sekitar 14 jam membantu organ-organ untuk beristirahat.

Apa yang terjadi, tubuh pun secara alamiah melakukan detoksifikasi atau membuang racun yang menumpuk didalam tubuh. Hal ini akan berpengaruh pada tubuh kita, kulit lebih bersih, tekanan darah dan gula darah turun, serta fungsi organ menjadi lebih baik.

Untuk mengkonsumsi buah sebaiknya, pilih menu yang sederhana yang bergizi, terutama makanan yang bisa langsung dicerna seperti sayur dan buah, yang terbukti kandungan gizinya tinggi, mengonsumsi sayur dan buah serta mengurangi kalori tinggi.

Tubuh lemas saat berpuasa adalah proses adaptasi tubuh terhadap pola makan yang baru yang memengaruhi kadar gula yang turun, bersamaan dengan tensi dan tekanan darah.

Jika tubuh sudah bisa menyesuaikan diri dengan kondisi puasa maka sel-sel tubuh pada akhirnya akan berkerja optimal untuk melakukan proses penyembuhan dan pembersihan racun di dalam tubuh.

Ada baiknya saat berpuasa Kurangi makanan bersantan dan Gula, dan berlemak tinggi karena akan menumpuk lama di lambung. Penumpukan itu akan menyebabkan pembusukan pemicu terjadinya radang lambung dan gejala maag.

Berpuasa memiliki banyak manfaat untuk meminimalisasikan berbagai risiko penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar