Jumat, 22 Februari 2013

Bermain Piano Sangat Mengasikan



Salah satu bermain musik yang mudah dan menyenangkan adalah bermain piano. Bermain piano berguna membangun kepribadian yang positif. Kenapa? Karena, ketika seseorang bermain piano, ia akan belajar bermain hingga tingkat mahir. Artinya, selama belajar itulah seseorang dituntut untuk belajar mengalahkan segala rintangan dan hambatan. Ia terbiasa "jatuh-bangun" mewujudkan mimpinya sehingga ketika kemahiran itu ia kuasai, maka kepercayaan dirinya akan tumbuh terus menerus.

Tehnik Dasar Bermain Piano
1. Fingering: mencakup posisi dan bentuk jari serta tangan yang benar. Lengan dan pundak harus senantiasa dalam posisi rileks. Tehnik ini mengajarkan jari-jari Anda agar berada dalam posisi yang sempurna saat berlaga di atas tuts-tuts piano. Latihan dasar fingering meliputi latihan tangga nada dan cadence.
2. Reading: bertujuan untuk mampu membaca partitur not balok atau kombo partitur dengan benar. Dengan penguasaan teknik ini, seseorang akan mampu membaca tanda-tanda dengan benar sehingga bermain piano akan terasa sangat mudah.
3. Rhythm: tujuannya adalah untuk mampu memahami ketukan, pola rhythm, dan tempo yang benar.
4. Touching: tujuannya agar seseorang mampu menghadirkan sebuah nada yang keluar dari hati. Ada nada-nada yang harus dimainkan dengan kerasa atau lembut, tekanan yang sambung menyambung atau putus-putus, cepat atau lambat, dll. Semua itu harus diciptakan penuh perasaan, dinamis, dan ekpsresif.
5. Soul: bertujuan untuk menghadirkan jiwa, memberi "nyawa" pada permainan seseorang yang dimanifestasikan dalam pemahaman akan rhythm dan tempo.
6. Harmoni: latihan ini bertujuan agar permainan piano lebih kaya dengan cara mengembangkan pola chords dan suara dalam sebuah lagu. Dengan penguasaan harmonisasi yang baik, seorang pemain piano dapat membuat suatu aransemen musik yang indah.
Posisi Beriman Piano yang Benar
Dalam bermain piano, posisi duduk harus rileks dan tegak. Jangan membungkukkan badan Anda. Posisi lengan sejajar dengan tuts piano. Posisi lengan yang salah dapat mengakibatkan bentuk posisi jari tidak benar.
Bagaimana bentuk jari Anda saat bermain piano? Bentuk jari tangan harus bulat melengkung, tidak dalam posisi tidur. Jika posisi jari tangan Anda salah, maka jari akan tidak leluasa menari di atas tuts dan, tentu saja, kualitas nada yang dihasilkan akan tidak maksimal.
Anda juga harus tepat dalam menekan tuts saat main piano. Pada saat salah satu jari Anda menekan tuts, jari yang lain tetap rileks dan dalam bentuk semula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar